Muhammad
Afief Zainal
C1D1
14 141
Jurusan
ilmu komunikasi perpustakaan
Fakultas
ilmu sosial dan ilmu politik
Universitas
Halu Oleo, Kendari
INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
Integrated marketing communication adalah bagian dari kegiatan
marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan
diri kepada target audience atau konsumennya.
Suatu produk diciptakan atau diproduksi dengan suatu tujuan
marketing yaitu umumnya produk laku dipasaran.
Untuk mencapai tujuan ini tentunya harus dilakukan usaha dan
beberapa proses sebelum mencapai tujuan di atas.
Menurut Jerome Mc Carthy (1964)
bahwa ada 4 elemen penentu keberhasilan produk di pasar, yaitu dikenal
dengan teori 4 P (Product,
Price, Place & Promotion)
Dalam usaha mencapai tujuan ini salah satu usaha yang dilakukan
bahwa produk tersebut harus dikenal oleh konsumennya. Untuk dikenal maka produk
harus melakukan komunikasi dengan target audience atau konsumennnya.
Kegiatan berkomunikasi ini masuk dalam salah satu elemen 4P
dalam teori Mc Carthy yaitu bagian promotion.
Advertising, Personal
Selling, Sales Promotion, Public Relation( PR), Event, Word
of Mouth
adalah cara-cara yang digunakan untuk
berpromosi atau berkomunikasi dengan target audience atau konsumen. Cara berkomunikasi
akan berkembang terus seiring dengan perubahan yang terjadi di masyarakat,
bagaimana pola hidup masyarakat akan mempengaruhi cara-cara yang akan
digunakan dalam melakukan komunikasi atau berpromosi.
Masing-masing kegitan promosi di atas juga sangatlah luas dan
mempunyai banyak cara. Diperlukan ilmu khusus untuk menangani setiap cara
berpromosi atau berkomunikasi. Diperlukan ilmu dan keahlian yang spesifik
untuk menangani advertising begitupula Personal Selling, PR dan lain-lain.
Untuk mendapatkan keahlian ini juga perlu pendidikan, pengalaman, waktu dan
tentunya usaha untuk belajar terus, karena itu semua kegiatan
komunikasi ini akhirnya tidak dapat ditangani oleh hanya satu orang
atau satu grup saja, tetapi akan memerlukan beberapa orang atau beberapa grup
bahkan perusahaan yang ahli di masing-masing bidang, ada yang ahli di bidang
advertising, ahli di personal selling, ahli di sales promotion, dan
lain-lain.
Advertising :
Adalah
bentuk komunikasi melalui iklan, dimana sifatnya menginformasikan mengenai
produk dan persuasif. Informasi ditentukan dan dibuat oleh pengiklan dengan
bantuan advertising agency. Iklan dipasang di media-media sesuai tujuan dan
strategi dengan melakukan pembelian ruang iklan di media-media.
Personal Selling :
Adalah
kegiatan melakukan kontak langsung dengan konsumen dalam hal ini orang yang
diyakini akan membeli produk dengan cara melakukan penawaran yang aktif
dan proses follow up sampai konsumen akhirnya setuju untuk membeli.
Sales Promotion :
Adalah
kegiatan yang dilakukan melalui penawaran-penawaran yang khusus, misalnya
beli 1 dapat bonus 1 dan lain-lainnya.
Public Relation :
Adalah
komunikasi yang dilakukan oleh media melalui pendekatan dari pengiklan namun
penulisan di media adalah didominasi oleh media dan tidak adanya
pembelian seperti pada advertising
Event :
Adalah
kegiatan di tempat-tempat tertentu menghampiri konsumen dengan melakukan
berbagai macam kegiatan yang disukai atau dibutuhkan oleh konsumen. Melalui
kegiatan ini lah produk dapat menginformasikan keberadaannya kepada konsumen.
Misalnya melakukan acara musik di lapangan atau di gedung, melakukan
acara nonton bareng, melakukan acara perlombaan dan lain-lain.
Kapan
dan bagaimana masing-masing kegiatan ini dilakukan semua tergantung pada kebutuhan
dan kondisi produk.
Belum
tentu semua kegiatan komunikasi harus dilakukan untuk suatu prosuk tertentu.
Kadang-kadang hanya diperlukan advertising saja atau PR saja atau malah
diperlukan semuanya.
Word of Mouth:
Adalah
cara berkomunikasi bagaiman sehingga produk menjadi bahan pembicaraan dan
direkomendasikan oleh orang-orang yang sudah menggunakan kepada orang-orang
yang belum menggunakan.
Word
of mouth kadang terjadi di luar kontrol oleh produk tetapi hal ini juga bisa
diciptakan, apalagi kalau produknya memang bagus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar